Peningkatan Kapasitas Aparat Pengawas Internal Dalam Melakukan Reviu Realisasi Anggaran Kwarta I dan PBJ

Dalam rangka pelaporan realisasi atau penyerapan Anggaran kwartal I tahun 2016 dan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) pada masing-masing Satker di bawah Kemenristek Dikti, maka Inspektorat Jenderal Kemenristek Dikti mengadakan kegiatan "Peningkatan Kapasitas Aparat Pengawas Internal Dalam Melakukan Reviu Realisasi Anggaran Kwartal I dan PBJ". Delegasi yang menghadiri kegiatan tersebut dari SPI PNM adalah Ketua dan Sekretaris SPI.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah:

  1. Mengetahui jumlah anggaran dan realisasi belanja barang, belanja modal, dan belanja bansos pada APBN per Triwulan Tahun 2016. Cut off realisasi anggaran adalah tanggal akhir setiap bulan akhir triwulanan.
  2. Mengetahui jumlah atau posisi belanja barang dan belanja modal tahun 2016 yang telah dilakukan pelelangan, ditetapkan pemenang, ditandatangani kontrak, dan tingkat penyelesaian paket pekerjaan pada setiap akhir triwulan pada tahun 2016.
  3. Mengidentifikasi hambatan dan memberikan saran/rekomendasi untuk solusi perbaikan atas hambatan penyerapan anggaran dan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.
  4. Bahan pengambilan keputusan Inspektur Jenderal untuk penyusunan program kerja  pengawasan lanjutan.
  5. Bahan penyusunan rekomendasi pengambilan keputusan Menteri untuk penyusunan anggaran dan/atau realokasi/revisi anggaran agar lebih efektif dan efisien. (@Admin SPI)