Master Plan Gedung Baru
Peresmian Politeknik Negeri Madiun
Bimbingan Teknis SPI dari Inspektorat Jendral DIKTI
Rapat Koordinasi Pengawasan SPI dengan Irjen Kemenristekdikti

Forum SPI PTN, Inspektur Jenderal : “Tingkatkan Pengawasan Intern Demi Mengurangi Penyimpangan Dalam Pengadaan Barang dan Jasa di PTN”

Surabaya, 28-31 Agustus 2018. Forum Satuan Pengawas Intern Perguruan Tinggi Negeri (SPI PTN) Indonesia mengadakan pelatihan yang bertajuk “Pelatihan Teknis SAKIP dan Pengadaan Barang/Jasa di Lingkungan Perguruan Tinggi Negeri”. Acara yang berlangsung selama 4 hari ini berlokasi di Hotel Santika Premier Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. Universitas Airlangga berkesempatan menjadi penyelenggara dari Forum SPI PTN kali ini.

Pertemuan Forum Satuan Pengawas Internal PTN Indonesia ke-4 Tahun 2018

Batam, Forum Satuan Pengawas Internal PTN Indonesia mengadakan Pertemuan Forum yang ke-4 di Tahun 2018.  Ini menjadi kegiatan tahunan yang mempertemukan para anggota Satuan Pengawas Internal Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia. Kegiatan berlangsung selama empat hari mulai dari tanggal 25-28 April 2018 yang berlokasi di Politeknik Negeri Batam. Tema utama yang diangkat yaitu “Optimalisasi Peran SPI dalam Mengawal Implementasi Manajemen Risiko di Perguruan Tinggi di Indonesia”.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparat Pengawas Internal dalam Melakukan Evaluasi SAKIP dan LAKIP

Dalam rangka peningkatan kompetensi Aparatur Pengawas Internal Pemerintah, Inspektorat Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan “Workshop Peningkatan Kapasitas Aparat Pengawas Internal dalam Melakukan Evaluasi SAKIP dan LAKIP”. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Rabu sampai dengan Jumat 21 sd 23 Februari 2018.

Forum SPI Nasional III tahun 2017 di Jayapura

Peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) semakin lama semakin strategis dan bergerak mengikuti kebutuhan zaman. APIP diharapkan menjadi agen perubahan yang dapat menciptakan nilai tambah pada layanan instansi pemerintah. APIP sebagai pengawas intern pemerintah merupakan salah satu unsur manajemen pemerintah yang penting dalam rangka mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance) yang mengarah pada pemerintahan/birokrasi yang  bersih (clean govermment).

Peningkatan Kapasitas Aparat Pengawas Internal dalam Audit BMN

Dalam rangka mewujudkan akuntabilitas pengelolaan barang milik negara (BMN) sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah, Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti  mengadakan Diklat Peningkatan Kapasitas Aparat Pegawasan Internal Dalam Melakukan Audit Barang Milik Negara  (BMN) di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Acara berlangsung di Bogor pada hari Kamis – Sabtu, 23-25 Maret 2017 ini dihadiri oleh 64 orang dari 68 peserta yang lolos seleksi. Peserta terdiri dari anggota SPI, perwakilan auditor dan pegawai di Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti.